Dimarahin dekan, dimarahin wakil dekan, eh malah lolos, Weird..

"Hallo kani, saya Sam Herodian ni, saya dengar dari pak Rimbawan kamu mengundurkan diri dari seleksi Student summit ke tokyo? benar? kenapa?"

"Oh iya pak, maaf, betul pak kemaren saya memutuskan untuk tidak ikut karena dari departemen ITP merekomendasikan anak 42 untuk maju, karena mereka yang akan ikut Mapres untuk tahun depan"

"Wah kani kamu harus tahu, KAMU SEKARANG ADALAH WAKIL DARI FAKULTAS BUKAN LAGI DEPARTEMEN KAMU, SAYA AKAN SANGAT KECEWA KALO KAMU MELEWATI KESEMPATAN INI, KAMU HARUS IKUT!!"

"Eh iya pak, iya..maaf pak"

"BAGUS, SAYA TIDAK MAU HAL SEPERTI INI TERJADI LAGI, assalamualaikum"

"waalaikum salam pak"
Tiba2 saja jantungku berdegup kencang, waktu saat itu menunjukkan pukul 10.13, oh my god.. its impossible, i should make a presentation in just a half hour to compete with many outstanding students like Nur Hasanah, Galih, Dordia, Dita, Galih, Otank, Dodi dan sejenisnya!!. My brain start to calculate... hmm.. kalo bikin presentasi seminar aja aku harus semaleman ga tidur untuk latihan, dan itu pun mix language bahasa and english. Kalo ini should be presented in english, sementara aku ga ngerti tentang papernya, langsung keluar hasil kalkulasinya.. "You may succeed with 1 % probability"

Oh my god... its useless, dari berbagai sudut pandang pun aku sudah secara de facto ditetapkan bahwa aku tak akan lolos kalo harus maksain presentasi. Ancurr.. maakkk..

"Hallo umam, ada di kosan ga?"
"oh ada kak, kenapa?"
"Darurat mam, saya disuruh presentasi untuk Student Summit, dan sama sekali belum siapin presentasinya, boleh modif punya kamu ga?, nama kamu dan beqi akan tetep ada"
"oh iya boleh, ke kosan aja sekarang kak, aku lagi nyuci"
"Oke , thanks berat ya"

Singkat cerita aku datang ke kosan umam untuk memodif presentasinya, mentranslate secara radikal dan menambah aspek "apllication policy" dan "feasibility study" biar aku juga ikut berkontribusi ide. Dan yup.. ternyata perlu 45 menit untuk merubah nya, dan aku langsung ngacir, berlari kaya orang kesetanan.

When i came to ditmawa, its make me more hopeless.. the others contestant look very confidence and well prepared. In other hand, i'm try to manage my breath and swap my sweat. and i said to me "I'm Dead!!"

Ok, lets we jump to the end of this story,

Its about at 13.00, when otank, the second last contestant called my name
"Mas Kani, masuk"

Seperti biasa, strategi presentasiku dimulai,

1. "First Impression",kalo biasanya para dewan juri dibuat terdiam dengan animasi intro flash ku yang elegan (hasil editan dari internet sebenarnya), tapi kali ini aku memberi first impression yang lain. Tampilan pertama presentasiku kira2 seperti ini..

"The Development of Biodegradable Packaging Base on Cassava Plant and its Application Policy in Indonesia"

Written by :
Khairul Umam
Moch. Subkhi
M. T. Assyaukani

sejenak, i see the judges are whispering, yes i understand that this paper is made not by single person and my name lie in tho bottom amont the others. Yes its true that even i can  erase the name of Umam and SUbkhi, but my "principe" say that "it's wrong, you should write down the others"

Dan aku berusaha menjelaskannya ke dewan juri... bahwa aku ga bisa membohongi diriku sendiri, tapi ekspresi mereka tetap tak menyenangkan hiks..        Blunder ke satu...

2. Strategi kedua adalah "Flow of Emotion", sebenarnya bagiku presentasi seharusnya  aliran emosi bukan saja sekedar kata-kata yang menkuliahi. Oleh karena itu aku biasanya menyusun skenario presentasi. Dan untuk presentasi ini, nama nya sedikit berubah menjadi "FLow of embarracing", alias malu2in.. bagaimana tidak.. ternyata beberapa slideku masih berbahasa indonesia, dan bahasa inggrisku kacau abizz.. aseli keliatan wong desonya. Terus hal ini diperparah dengan kenyataan bahwa, "i haven't read the paper completely", kacau bahkan diriku baru denger istilah "poly lactic acid". duuhhh.. Blunder Kedua

3. Dan strategi terakhir, "Great Finishing", kalo biasanya aku bikin apkah itu kutipan or kata-kata menyentuh or something else lah that can touch perasaan sang juri.  Tapi apa yang terjadi kemaren adalah sebaliknya, "Dead Finishing", itu kayanya lebih tepat coz ketika menuju slide terakhir tenyata slide yang muncul adalah slide Rosella, Lha?? karya tulis mapresku.. lho kok bisa?? ya bisa coz emang aku pake template rosella ku dan aku lupa menghapusnya di bgian khir slide.. memalukan... sesaat aku berpikir tuk naik ke lantai paling atas rektorat dan ...?? (Astagfirullah)... Blunder Ketiga

Yah sudahlah, its over, daripada dimarahin pak Sam lagi, mendingn presentasi biar kacau balau juga.. udah ah curhatnya.. bye (sory ga penting) .

(updated)
Eh ternyata keputusan nya dah keluar, dan aneh bin ajaib aku lolos, waks, Anehh.. ternyata katanya dewan juri terkesan dengan kemampuanku menjawab pertanyaan mereka yang walaupun simple dan tidak teoritis tapi kena ke intinya. Hmm apa iya ya.. ga tau ah, tapi ini bener2 aneh...tapi aku ke tokyo!

Apa!! Tokyo!!, Plok..Plok..Plok..ga mimpi ni,cubitin dong..!, i still not believe this..

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Iklan TV yang Berhasil

Mengetuk Pintu Akhirat, Kecelakaan yang mengubah kehidupan

Kegelisahanku