BREBET..BREBETT..Duh Mencret, berdarah lagi (Become STP part 2)

Hayooo.. siapa yang pernah, mengalami menakutkan (dan menjijikan) hal kaya di atas?? NGAKU!! (Ih maksa deh)...
Ya udah kalo ga mau ngaku..pokok'e kalo yang pernah mengalami hal kaya gitu,entah abis makan hamburger; daging; buah atau sayuran,  lu olang halus ati-ati, soalnya ada indikasi lu  mengalami salah satu penyakit KERACUNAN PANGAN yang disebut Diarhea Haemorrhagic (alias mencret bedarah) yang disebabkan oleh Eschericia coli O157:H7.
Apaan tu Eschericia coli O157:H7? kalo E.coli doang si pernah denger waktu SMA
Iya emang, E.coli sejatinya adalah microflora normal dalam saluran pencernaan kita, tapi O157:H7 sodara deketnya dari pihak bapak (nah lho).. E.coli tipe ini adalah termasuk mikroba yang patogen (merugikan) bagi tubuh karena dapat memproduksi  racun djang namanya Verotoxin (shiga-like toxin).
Verotoxin? kaya nama temen gw tuh
Kalo emang kaya nama temen lo berarti kasian ya temen lo soalnya nama Vero itu di ambil dari nama salah satu sel pada hewan monyet di Afrika yang pertama ditemukan terserang penyakit ini.
hi3x, kasian si vero.. trus emangnya ni racun ngapain tubuh kita?
Nah ini dia bagian paling seru bro, biokimianya.. begini. racun verotoxin tu termasuk kelompok protein, ni racun punya dua sisi aktif yang dapat berikatan dengan molekul lain. Nah ketika masuk kedalam tubuh kita dan mengalir dalam pembuluh darah, racun ini akan menempel pada beberapa bagian endothelium (permukaan dalam pembuluh darah) dan merusaknya. Nah keadaan ini terbaca oleh trombosit (platelet) yang langsung menempel pada endotelium yang dirusak itu untuk menyembuhkan. Nah karena serangannya terjadi serentak di banyak bagian maka terjadi penurunan jumlah platelet yang cukup signifikan. Nah hal ini lah yang menyebabkan terganggunya sistem pembekuan darah sehingga terjadi pendarahan dalam yang akhirnya keluar bersamaan dengan "mencret" kita. Kalo dibiarin aja malah bisa menyebabkan kematian lho..!!
Anjrit.. mati gara2 mencret.. kagak gengsi amet..!!
Iya soalnya penempelan trombosit pada endhotelium yang rusak dapat menyebabkan gumpalan darah. Nah gumpalan ini akan mengeras dan menyempitkan aliran darah. Hal ini diperparah dengan banyaknya eritrosit (sel darah merah) yang "menabrak" gumpalan ini dan ecah. Kondisi ini bikin aliran darah melambat secara drastis dan berpotensi anemia. Alran darah yang lambat ini akan berefek signifikan pada organ-organ yang secara kritis tergantung pada aliran nutrisi dalam darah seperti ginjal. Nah emang yang jadi korban terbesar adalah ginjal kita, kondisi ini disebut Hemolisis Urinary Sindrome yang biasanya menyebabkan kematian khususnya pada anak2...
Terus gw harus gimana dong??
Paling aman ya lo harus pilih2 makanan yang sehat dan aman dong. Biasanya ni mikroba ada di makanan olahan kaya daging hamburger, sosis tapi ada juga di beberapa sayuran. Kalo mau lebh yakin pastiin makanan yang lo makan tuh udah dipanasin soalnya secara ni verotoxin merupakan protein maka pasti akan terdenaturasi (rusak) dengan suhu tinggi. Yang jelas sih masakan mama pasti yang paling aman kan?...

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Iklan TV yang Berhasil

Mengetuk Pintu Akhirat, Kecelakaan yang mengubah kehidupan

Kegelisahanku