Buang Sampah

"It's not just the matter of culture but also the matter how we can make the culture"

Pagi2 udah baca kaskus ternyata ada hotrit tentang budaya orang jepang buang sampah. Karena budaya itu akhirnya Jepang dapat menjadi negara paling bersih sedunia. padahal kalo ada yang pernah ke Jepang pasti tau banget betapa repotnya masalah sampah DI jepang. Misalnya aja kalo kita minum minuman dalam botol PET kayak Nu Green Tea atau sosro, nah itu kita harus copot labelnya, tutup nya dan terakhir botolnya itu sendiri. Masing-masing bagian itu harus dibuang ke tempat sampah yang berbeda. Dan tau ga di Jepang itu kalo namanya tempat sampah pasti ada ENAM wadah yang berbeda jadi ya emang kita kudu misahin sampah2 kita.

Tentu pastinya ada juga sebagian kecil masyarakatnya yang "nyeleneh" dan tidak mengikuti anjuran tersebut dengan mencampur berbagai macam sampah dalam satu tempat. Akan tetapi merekeapun melakukan itu dengan diam2 karena bagi mereka itu adalah hal yang memalukan. Malu adalah kata kunci dalam kesuksesan jepang menerapkan budaya baik ini.

Well tentunya butuh waktu lama buat mereka tuk membentuk budaya "merepotkan tapi bermanfaat" tersebut. Bayangkan bahwa betapa sulit untuk menancapkan keyakinan bahwa kebiasaan yang takes time ini kelak bermanfaat bagi semuanya. Aku membayangkan apakah hal ini dapat diterapkan di Indonesia, dan sejenak aku teringat dengan masa2 SMU ku dulu di Insan Cendekia, lalu aku bergumam Indonesia juga pasti bisa.

Waktu SMA dulu yang paling aku ingat dan menjadi budaya ku sampai terbawa kuliah adalah masalah mencontek. Betaa dulu ketika MOS (masa Orientasi Sekolah) kita dicecoki sedemikian rupa bahwa mencontek ketika ujian adalah hal yang hina. Selain itu memang ada hukuman nyata baik secara fisik dan psikis bagi siapapun yang ketauan mencontek. Alhasil itulah yang sellau kuingat dan membuatku segan mencontek ketika ujian hingga saat ini.

Hal itulah yang membuatku yakin bahwa kebiasaan buang sampah pun dapat kita bentuk. Jika kita memiliki kemauan untuk membuat sistem yang tepat serta dibantu oleh propaganda secara psikologis bahwa buang sampah sembarangan itu adalah hal yang memalukan maka saya yakin kita pasti bisa. Karena harus diingat bahwa hukuman sosial lebih ampuh dari hukum apapun. Ini adalah masalah kemauan dan waktu.

Saya mau, apakah ANda mau?

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Iklan TV yang Berhasil

Mengetuk Pintu Akhirat, Kecelakaan yang mengubah kehidupan

Kegelisahanku